Kamis, 25 Desember 2014

Seperti Apa Radang Paru-Paru

Seperti Apa Radang Paru-Paru?  penyakit ini terjadinya karena infeksi pada organ paru yang kemudian menyebabkan peradangan pada paru-paru. Kantong-kantong udara dalam paru dipenuhi nanah dan cairan sehingga kemampuan menyerap oksigen menjadi kurang sehingga dapat menyebabkan kematian. Penyebab utama penyakit radang paru-paru ini adalah bakteri streptococcus pneumonia penyebab lainnya berbagai jenis bakteri juga virus seperti influenza dan cacar air dan lebih jarang mikroorganisme seperti protozoa dan jamur.

Penyakit Radang Paru-Paru


radang paru-paru

Ketika udara yang kita hirup mengandung kuman, sistem kekebalan tubuh kita melindungi paru-paru dari infeksi. Namun terkadang kuman dapat melewati pertahanan sistem pernafasan menyebabkan radang paru-paru.

Tanda dan gejala radang paru-paru sangat berbeda-beda, tergantung pada kondisi tubuh Anda dan apa penyebab infeksinya. Ada beberapa gejala radang paru, yang diantaranya, seperti batuk atau radang tenggorokan, berhubungan dengan infeksi yang lazim. Seringkali, seseorang mendapat radang paru setelah mereka terkena flu atau infeksi saluran nafas atas seperti pilek. Kebanyakan orang mengalami, meskipun tidak semua, gejala radang paru berikut: Demam, Menggigil, Batuk, Nafas memburu, Mengi, Sulit bernafas. Gejala radang paru yang jarang adalah: Nyeri dada atau perut, Kehilangan nafsu makan, Letih dan Muntah.

Ketika bakteri menyebabkan radang paru, penderita sakit secara mendadak, disertai demam tinggi dan kesulitan bernafas. Ketika virus menyebabkan radang paru, gejalanya biasanya muncul bertahap dan lebih ringan.

Beberapa orang yang rentan (mudah terkena) Radang Paru-paru adalah:
  • Peminum alkohol
  • Perokok
  • Penderita diabetes
  • Penderita gagal jantung
  • Penderita penyakit paru obstruktif menahun
  • Gangguan sistem kekebalan karena obat tertentu (penderita kanker, penerima organ cangkokan)
  • Gangguan sistem kekebalan karena penyakit (penderita AIDS).
Radang paru-paru juga bisa terjadi setelah pembedahan (terutama pembedahan perut) atau cedera (terutama cedera dada), sebagai akibat dari dangkalnya pernafasan, gangguan terhadap kemampuan batuk dan lendir yang tertahan.

Apabila Anda menderita radang paru-paru, jangan dibiarkan.  Radang paru-paru berat dapat mengancam jiwa. Carilah dokter segera apabila anda mengalami gejala berikut dan menetap: Batuk, Sesak nafas, Nyeri dada setiap kali bernafas, demam - terutama demam 39° C atau lebih selama 2 hari atau lebih. Disertai menggigil dan berkeringat, dan apabila anda merasa memberat setelah pilek atau flu.

Baca Juga Artikel Lainnya Obat Radang Paru-Paru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar