Selasa, 23 Desember 2014

Ciri Atau Gejala Demam Berdarah

Artikel kali ini akan membahas mengenai Ciri Atau Gejala Demam Berdarah yang akan sangat berguna, karena jika kita mengetahui gejalanya, kita bisa melakukan penanganan lebih dini, sehingga penyakit demam berdah bisa di obati dengan lebih baik.

Ciri Atau Gejala Demam Berdarah

 
demam berdarah

Gejala awal yang dialami oleh penderita penyekit demam berdarah ini tergolong luas dan mirip dengan infeksi virus lain pada umumnya. Gejala demam berdarah dengue seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, mual, bahkan muntah, Beberapa penderita mengeluhkan nyeri saat menelan dan terlihat tenggorokan yang memerah seperti radang tenggorokan, namun pada penderita penyakit ini jarang ditemukan batuk dan pilek.
Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini secara umum ditandai sebagai berikut :
  1. Demam yang timbul secara mendadak, tinggi mencapai 39-40 derajat celcius, dan kadang-kadang disertai dengan menggigil. Demam ini hanya berlangsung 5-7 hari. Demam sering berakhir dengan mendadak, disertai keringat yang cukup banyak dan tubuh tampak loyo. Kadang-kadang dikenal dengan istilah demam biphasik, yaitu demam yang berlangsung selama beberapa hari.
  2. Nyeri diseluruh tubuh dan terkadang juga nyeri pada ulu hati karena terjadi pencarahan dilambung.
  3. Ruam yang timbul pada saat awal panas, bentuknya berupa flushing.
  4. Pendarahan yang tampak dari luar maupun dari dalam dan Perdarahan selaput lendir mukosa.
  5. Tes Torniquet yang menunjukkan hasil yang positif.
  6. Terjadi adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
  7. Apabila tanda demam berdarah sudah mulai parah penderita akan mengalami gelisah dengan ujung kaki dan tangan yang berkeringat dingin.
  8. Hematemesis atau melena
  9. Tes Trombositopenia atau jumlah terombosit yang menunjukkan kurang dari 100.000 per mm3 ( =100.000 per mm3).
  10. Terjadi pembesaran plasma yang ada hubungannya erat dengan kenaikan permeabilitas di dinding pembuluh darah dalam tubuh anda, yang ditandai dengan munculnya satu atau lebih dari: Kenaikan nilai 20% hematokrit atau lebih tergantung umur dan jenis kelamin. Menurunnya nilai hematokrit dari nilai dasar 20 % atau lebih sesudah pengobatan. Tanda-tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura, asites, hipo -proteinaemia.
Setelah mengetahui gejala atau tanda demam berdarah diatas, semoga dapat membantu Anda dalam memilih penanganan yang tepat, cepat dan terbaik.

Baca Juga Artikel Mengenai Obat Demam Berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar